6 Tips Jitu Memenangkan Perlombaan

Banyak orang mengatakan “kegagalan bukanlah akhir segalanya,” tapi kenyataannya masih ada yang frustasi akibat kegagalan. Seperti gagal dalam memenangkan perlombaan, gagal masuk kampus favorit, gagal mendapat pekerjaan, dan gagal-gagal lainnya.

Sebenarnya quotes di atas ada benarnya, kalau kegagalan bukanlah akhir segalanya. Sebab, banyak contoh orang sukses yang sebelumnya mengalami kegagalan. Nah, kali ini @ikutlomba mau kasih bebarapa tips memenangkan perlombaan dan meminimalisir kata gagal. Apa saja? Yuk simak!

Yakin dan Optimis

Seorang juara selalu mempunyai keyakinan dan rasa optimis yang besar untuk memenangkan perlombaan. Tidak ada salahnya jika kamu berimajinasi bisa menang dan mengalahkan yang lain. Sikap tersebut dapat menumbuhkan percaya diri dan pikiran menjadi lebih tenang. Karena setiap orang termasuk kamu memiliki kesempatan yang sama, yaitu kesempatan untuk menang.

Tekun Berlatih

Yakin dan optimis saja tidak lantas membuatmu langsung menang, diperlukan ketekunan dalam berlatih untuk memaksimalkan kemampuan. Tidak ada seseorang yang tiba-tiba menjadi ahli tanpa adanya proses. Maka rajinlah berlatih demi hasil yang membanggakan, walau terkadang harus menguras tenaga dan pikiran.

Belajar dari Lomba Sebelumnya

Jika kamu orang yang sering mengikuti perlombaan tapi belum memperoleh kemenangan, sebaiknya koreksi lagi apa saja yang kurang. Bisa dengan mempelajari bagaimana perlombaan sebelumnya digelar, dan bagaimana seorang juara bisa meraih kemenangan. Tantangan atau kendala apa saja yang dihadapi oleh peserta, dan sebagainya.

Tidak Mudah Menyerah

Kecewa karena mengalami kekalahan memang wajar, tapi jangan biarkan hal tersebut berlarut-larut. Mungkin juga kamu merasa putus asa ketika latihanmu tak kunjung mebuahkan hasil. Akan tetapi ingatlah sebuah pepatah “Orang sukses takkan pernah mengeluh bagaimana kalau akan gagal, namun berusaha bagaimana untuk berhasil.” Jadi, teruslah mencoba untuk meraih kemenangan yang sudah menantimu di depan.

Tenang dan Fokus

Tegang saat perlombaan terkadang membuat fokus terpecah dan akhirnya gagal menang. Cobalah untuk tenang dan nikmati perlombaan seperti sedang berlibur. Tenang dan tetap fokus adalah salah satu kunci agar kamu berhasil.

Doa

Inilah puncak dari sekian tips yang telah diuraikan, meski berada di urutan terakhir tapi doa ibarat obat paling mujarab dari segala penyakit. Doa adalah bentuk tawakal setelah ikhtiar tanpa batas. Berdoalah dalam setiap perlombaan demi kelancaran dan sebuah kemenangan.

Itulah enam tips yang bisa kamu terapkan saat mengikuti perlombaan dan ingin meraih kemenangan. Semoga bermanfaat ya. Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: