Apa Sih Manfaat Berorganisasi?

Manfaat berorganisasi

Apakah kamu pelajar atau mahasiswa yang menganggap berorganisasi merupakan hal tidak penting, bisa mengganggu proses belajar, dan hal yang sia-sia hanya untuk mencari popularitas? Jika iya, ada baiknya kamu berfikir ulang untuk mempertimbangkan pendapatmu tersebut.

Aktif dalam organisasi bukanlah perkara mudah, selain waktu yang terkuras, tenaga dan pikiran kamu juga harus dikorbankan. Maka secara tidak langsung hal tersebut bisa melatih emosi dan mendewasakan pola pikir lho.

Masih enggan untuk berorganisasi? Nih mimin akan kasih tau lima manfaat jika kamu aktif berorganisasi:

  1. Menyalurkan Kreativitas

Kreativitasmu bisa disalurkan dan dikembangkan dimana saja, salah satunya lewat organisasi. Organsisasi banyak macamnya, jika kamu berbakat menyanyi bisa mengikuti organisasi paduan suara, atau memiliki bakat di bidang olahraga bisa ikut organisasi sepak bola, basket, voli, dan lain sebagainya.

Dengan kamu ikut dan aktif dalam organisasi sudah tentu kreativitas akan semakin terlatih. Pasalnya kamu akan bergabung dengan orang-orang yang mempunyai hobi dan ketertarikan yang sama.

  1. Membentuk Jati Diri

Jika kamu merasa hidupmu biasa-biasa saja dan tidak ada yang spesial, cobalah ikut dan aktif berorganisasi. Pilih organisasi yang sesuai dengan minatmu. Dalam organisasi, kamu bisa belajar banyak hal dari teman-teman yang lain. Cari dan temui apa yang sesuai dengan dirimu.

Perbanyaklah bertanya untuk menambah pengetahuan serta memantapkan jati diri yang sebenarnya. Jangan malu bertanya, kamu bisa berbagi cerita atau tukar pendapat mengenai apapun. Di organisasilah kamu bisa mencari, menemukan dan menentukan jati diri.

  1. Bersikap Kritis

Suatu organisasi seringkali mengadakan acara, tetapi tidak selamanya hal tersebut berajalan lancar. Terkadang ada masalah yang memerlukan solusi dengan cepat, maka mau tidak mau kamu dituntut untuk berfikir kritis. Nah, dengan kamu ikut aktif organisasi, berfikir kritis akan menjadi kebiasaan yang menempel erat dalam dirimu.

  1. Menambah Teman dan Relasi

Sudah jelas ya, dalam satu organisasi pasti terdiri dari kumpulan banyak orang.  Kamu bisa berkenalan dan memperbanyak teman atau relasi yang mungkin bermanfaat dimasa mendatang.

Ketika kamu memiliki relasi yang banyak, suatu saat jika membutuhkan informasi atau bantuan tentu bisa minta tolong dan menghubungi relasimu tersebut. Apalagi kita sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, sudah sepatutnya untuk bersosialisasi.

  1. Belajar Kerja Sama

Tidak semua orang memiliki kepribadian yang sama, dalam organisasi terdiri dari bermacam-macam kepribadian. Ada yang tertutup dan pendiam, ada pula yang terbuka dan ceria. Bagi kamu yang memiliki pribadi tertutup dan pendiam, sebaiknya menyesuaikan diri dan tidak perlu malu dengan yang lain. Bagi pribadi yang ceria bisa mengajak si pendiam untuk bercerita dan bertukar informasi, sehingga suasana akan lebih cair.

Awalnya mungkin akan canggung bagi yang tidak suka berorganisasi, tetapi kalau sudah terbiasa masa-masa canggung pun akan terlewati. Sering mengadakan acara juga bisa memupuk rasa keakraban dan kerja sama satu sama lain. Karena kerja sama akan semakin menumbuhkan rasa saling memiliki dalam organisasi.

Itulah lima manfaat yang bisa kamu peroleh ketika mengikuti sebuah organsiasi dan aktif di dalamnya. Bahkan sebenarnya masih banyak lagi manfaat lain yang bisa didapat, dan kamu bisa merasakannya sendiri setelah kamu bergabung di organisasi. Jadi gimana, masih ragu untuk ikut dan aktif berorganisasi?

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: