Bermain Game Bisa Menambah Kecerdasan ?

10 manfaat bermain game

Di era digital seperti sekarang ini bermain game sudah sangat merajalela. Hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga dewasa bermain game. Namun, adakah manfaat dari bermain game itu sendiri? Karena pada dasarnya masih banyak yang beranggapan bahwa bermain game hanya membuang-buang waktu, dan tidak ada manfaatnya sama sekali.

Di sisi lain, banyak juga yang menilai bahwa bermain game bisa mengurangi stress dan bisa meningkatkan kecerdasan otak. Sebenarnya penilaian negatif atau positif itu tergantung dari sudut pandang setiap orang. Contohnya, jika bermain game dilakukan setiap hari tanpa kenal waktu dan membuat aktivitas kamu terbengkalai tentu tidak baik. Akan tetapi, jika dilakukan dengan porsi yang benar, bermain game ternyata punya banyak manfaat positif lho.

Nah, manfaat positif bermain game yang berkaitan dengan peningkatan kecerdasan otak akan admin bahas di bawah ini:

  1. Melatih Fokus dan Konsentrasi

Ketika bermain game tentu harus berkonsentrasi untuk memenangkannya. Jika tidak berkonsentrasi maka mudah kalah atau dikalahkan lawan. Selain itu perlu fokus untuk menguasai jalannya permainan.

Contohnya dalam permainan catur, dibutuhkan fokus dan konsentrasi tinggi supaya tidak salah langkah. Inilah manfaat positif yang pertama dari bermain game, yaitu melatih daya konsentrasi dan fokus.

  1. Menguatkan Logika

Secara tidak sadar seseorang yang bermain game akan dipaksa untuk terus berpikir dan memutar logikanya demi melewati setiap tantangan. Selain itu juga diperlukan strategi untuk meraih kemenangan.

  1. Merangsang Kinerja Otak

Bermain game pada level awal mungkin masih biasa-biasa saja, tetapi semakin menginjak level berikutnya tantangan semakin bertambah. Dengan begitu otak akan bekerja lebih dari biasanya. Terutama jika bermain game yang rumit, kinerja otak semakin terangsang untuk berpikir.

  1. Melatih Kerja Sama

Banyak game yang bisa dimainkan lebih dari satu orang, bahkan berkelompok (multi-player). Oleh karena itu, pemain diharuskan memahami cara kerja sama dalam sebuah tim untuk mengalahkan tim lawan.

Strategi bersama perlu dikuasai setiap pemain, sehingga nantinya akan terbiasa melakukan koordinasi dalam mengambil keputusan. Jika tidak bisa bekerja sama pasti kekalahan yang didapat.

  1. Belajar Bahasa

Bermain game terutama game online kebanyakan menggunakan bahasa asing. Salah satu bahasa yang paling sering digunakan adalah bahasa Inggris. Benar tidak? Nah dengan bermain game, seharusnya bahasa asing kamu semakin jago, minimal bisa menambah kosa kata baru.

Karena game dengan bahasa asing mengharuskan pemainnya mengerti arti tombol-tombol yang digunakan. Hal ini tentu berdampak positif bagi orang yang bermain game.

  1. Memperlambat Penuaan Otak

Hasil dari beberapa studi kasus, otak yang selalu digunakan untuk berpikir mampu mengurangi penuaan otak atau kepikunan di kemudian hari. Dengan bermain game tentu membuat seseorang terbiasa berpikir, sehingga membantu memperlambat penuaan otak.

  1. Mengurangi Stress

Melepaskan depresi atau stress yang ditimbulkan karena banyak masalah bisa dilakukan dengan cara bermain game. Bermain game merupakan kegiatan yang menyenangkan dan mampu menghibur diri. Semua beban yang ada bisa hilang seketika atau terlupakan saat bermain game.

  1. Menambah Kemampuan dalam Memecahkan Masalah

Tentunya setiap game mempunyai tantangan yang berbeda, semakin tinggi level permainan maka semakin besar pula tantangannya. Kemampuan dalam melewati tantangan tersebut secara tidak langsung menambah kemampuan dalam memecahkan masalah yang ada.

  1. Membuat Pintar

Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain game 18 jam per minggu (rata-rata 2.5 jam/hari) memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata yang juga setara dengan kemampuan atlet.

  1. Berpikir Cepat

Seorang gamers dituntut untuk selalu berpikir cepat dalam bermain. Memecahkan setiap tantangan yang dihadapi membutuhkan daya pikir tinggi. Jadi dengan bermain game akan membiasakan seseorang untuk berpikir secara cepat.

Tidak ada salahnya bermain game, selama masih dalam batas wajar dan tidak mengganggu aktivitas kamu ya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: