Cara Jitu Menggali Potensi Agar Berprestasi

menggali potensi agar berprestasi

Seseorang yang mampu mengembangkan potensi dirinya, kemungkinan besar akan lebih mudah meraih prestasi dibanding yang lain. Meski setiap orang memiliki kelebihan, tetap saja ada yang potensinya masih terpendam dan belum diketahui. Untuk menemukan potensi diri haruslah mengenali diri sendiri dengan baik. Banyak orang mengalami kegagalan karena kurang paham potensi diri.

Jadi, cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menggali potensi dan mengembangkannya menjadi prestasi? Yuk simak ada beberapa cara jitu menggali potensi agar berprestasi.

  1. Pahami Aktivitas Favorit

Cara pertama yaitu memahami aktivitas atau hobi yang sering dilakukan. Misalnya sejak kecil suka membaca buku cerita, maka kamu bisa mencari bidang ilmu dan pekerjaan yang berkaitan dengan cerita. Jadikan hobi yang menyenangkan untuk hal positif ya.

  1. Menanyakan Pada Orang Lain

Mengetahui potensi diri bukanlah perkara mudah, dimana kamu harus menilai dengan baik seperti apa diri sendiri dan potensi apa yang dimiliki. Nah, jika kamu merasa kesulitan, ada baiknya minta bantuan teman, keluarga, atau orang terdekat yang mengetahui kebiasaan kamu seperti apa.

Bertanyalah kepada mereka tentang bagaimana kamu, pendapat mereka mengenai pribadimu seperti apa dan sebagainya. Biasanya mereka akan memberikan masukan seperti apa kegiatan yang membuatmu senang, kebiasaan apa yang sering kamu lakukan, dan apa keahlian yang menurut mereka paling menonjol dalam dirimu. Dengan begitu akan memudahkan dalam menggali potensi diri.

  1. Jangan Takut Berbeda

Kebanyakan orang akan minder dan takut ketika memiliki kebiasaan yang berbeda dari yang lain. Tidak perlu ragu meski hobi atau kesenangan kamu berbeda, asalkan dalam hal yang positif.  Jangan takut mengembangkan bakat, siapa tahu nanti bisa mendatangkan kesuksesan dan prestasi.

  1. Lakukan Apapun

Bingung menilai potensi apa yang kamu miliki memang wajar. Namun, tidak serta merta membuatmu berdiam diri, lakukan dan cobalah berbagai hal yang mungkin bisa menjadi potensi diri. Selain mendapat pengalaman baru, dengan banyak kegiatan kamu juga tahu apa yang disukai dan tidak disukai.

  1. Introspeksi

Dengan intorspeksi kamu bisa melihat sebenarnya potensi apa yang dimiliki. Banyak orang tidak sadar bahwa dengan introspeksi potensi akan semakin terlihat. Yuk mulai introspeksi diri dan evaluasi kebiasaan sehari-hari.

  1. Berpandangan Luas

Apabila ingin menggali potensi diri, maka bukalah pikiran dan ubahlah sudut pandangmu. Jangan hanya terpaku pada apa yang terlihat. Hal ini sangat membantu dalam menilai diri jika ternyata kamu memiliki potensi diluar perkiraan.

  1. Konsultasi dengan Lembaga atau Psikolog

Setelah melakukan cara-cara yang telah diuraikan di atas, tapi kamu belum juga menentukan potensi diri maka berkonsultasilah. Bantuan para ahli seperti psikolog sangat membantu, mereka biasanya akan mengarahkan apa saja hal baik yang bisa menentukan potensi diri kamu. Serta mengarahkan agar bisa dikembangkan menjadi sebuah prestasi.

Beberapa cara tersebut semoga bermanfaat dan bisa kamu terapkan dalam menggali potensi diri ya. Dan jangan lupa kalau prestasi itu penting. Salam sukses!

yuk Cek info lomba-lomba pada Beranda ikutlomba.org

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: