MANFAAT MENULIS

Kegiatan menulis bisa dibilang gampang bisa juga dibilang susah. Tergantung dari sudut pandang seseorang. Gampang bagi mereka yang terbiasa menulis setiap hari. Susah bagi mereka yang bingung menuangkan kata-kata menjadi sebuat kalimat dalam tulisan. Mungkin, sebagian orang yang menyebut kegiatan menulis adalah hal yang susah karena belum merasakan manfaat dari menulis itu sendiri. Segudang manfaat menulis bisa kamu dapatkan apabila rajin melakukannya. Berikut beberapa manfaat menulis menurut @ikutlomba.

  1. Kepuasan Batin

Menulis ternyata bisa membuat senang, gembira, haru, dan bangga. Terutama jika tulisan yang kamu buat bermanfaat bagi orang lain. Mampu menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan merupakan pencapaian yang perlu diapresiasi. Jika kamu berhasil membuat tulisan dan enak dibaca, maka apresiasiasilah diri sendiri.

Saat kamu mengapresiasi diri sendiri, maka ada kepuasan batin setelah melihat tulisan yang kamu selesaikan. Namun, jangan terlalu bangga secara berlebihan jikalau tulisanmu berhasil dimuat di media massa dan mendapat banyak pujian. Teruslah berkarya dengan rendah hati demi menghasilkan tulisan yang berkualitas.

  1. Menyalurkan Hobi

Kamu senang berimajinasi? Maka menulis adalah aktivitas yang tepat untuk dilakukan. Kamu bisa menuangkan segala imajinasi dan ide-ide brilian ke dalam tulisan. Misalnya kamu seorang yang malu bercerita dengan teman atau keluarga, menulis bisa jadi media tempatmu berkeluh kesah.

Dengan menulis, kamu bisa mengungkapkan semua perasaan yang berkecamuk di hati. Tulis saja apapun yang ingin diungkapkan, tak usah malu, toh kamu sendiri yang membacanya. Atau jika kamu sudah cinta menulis, buatlah karya sebanyak-banyaknya sesuai passion. Karena seorang yang terbiasa menulis setiap hari akan merasa hambar jika tidak menulis.

Bagi kamu yang belum bisa menulis dan ingin hobi menulis, maka kuncinya berlatih setiap hari! Dengan begitu kamu akan terbiasa dengan sendirinya.

  1. Memperkaya Wawasan

Siapa sangka, wawasan seorang penulis pasti lebih banyak. Menulis memerlukan ide dan gagasan yang luas. Sebelum menulis juga perlu banyak membaca, demi menambah kosa kata baru. Semakin banyak bacaan semakin banyak pula wawasan dan pengetahuan yang didapat. Selain itu, membaca memudahkan memilih kata-kata yang akan dituangkan ke dalam tulisan. Oleh karenanya, banyak-banyaklah membaca agar isi tulisanmu lebih menarik. Bagiamana? menulis mampu menambah wawasan serta pengetahuan bukan?

  1. Media Berbagi

Tulisan yang kamu buat bisa menjadi rujukan orang lain yang membaca lho. Misalnya kamu menulis tentang tips-tips hidup sehat atau boleh saja menulis tentang pengalaman pribadi saat travelling. Ketika orang lain membacanya, berarti kamu telah berbagi informasi.

Banyak pula tulisan yang menjadi media belajar dan dakwah. Dari tulisan banyak pelajaran yang bisa diambil tentunya. Tulisalah sesuatu hal yang positif dan minimal bisa membuat hidup kamu lebih bermanfaat.

  1. Mencegah Kepikunan

Salah satu efek menulis adalah bisa meningkatkan daya ingat hingga mencegah kepikunan. Sering seseorang mengalami kelupaan karena banyak yang harus dipikirkan. Jika hal tersebut menimpamu, cobalah menulis untuk hal-hal yang sering kamu lupa. Kamu bisa menulis kegiatan sehari-hari atau agenda harian. Saat menuliskannya, ingatanmu akan lebih terorganisir dengan baik. Minimal ada pengingat yang bisa dilihat setiap saat, sehingga kamu tidak akan lupa.

  1. Lebih Kritis

Menulis adalah kegiatan yang berkaitan dengan ribuan kosa kata. Seorang yang menulis artinya mampu meluapkan segala gagasan batin, karena pada dasarnya tidak semua orang bisa. Semakin sering menulis, pola pikirmu juga ikut berkembang. Terlebih tulisan yang kaya ilmu perlahan bisa membentuk sudut pandang seseorang. Dengan begitu, kamu akan lebih kritis menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Peluang Penghasilan

Menyalurkan hobi iya, menambah wawasan iya, menghasilkan uang pula? Wah, siapa yang tidak mau kalau tulisan yang dibuat bisa mendatangkan uang. Banyak media massa yang membutuhkan dan mencari penulis untuk menjadi bagian dari pekerjaan. Bisa juga dengan menulis dan ikut lomba lalu menang kamu bisa menambah uang saku. Boleh juga tulisan yang kamu buat dikirim ke penerbit dan dijual di bookstore. Banyak sekali contoh penulis yang sukses hanya bermodal tulisan. Kamu juga bisa. Semangat!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: