Pentingnya Menghargai Orang Lain

Sebelum meminta orang lain untuk menghargaimu, sebaiknya hargai dulu mereka. Tentu semua orang mau yang namanya dihargai. Apalagi dalam kehidupan sosial, apapun yang kita lakukan setidaknya butuh penghargaan. Tidak perlu muluk-muluk, cukup dengan sikap yang ramah pun sudah cukup. Dalam artian menghargai di sini adalah memperlakukan orang lain seperti kamu ingin diperlakukan baik olehnya.

Menghargai orang lain bisa dilakukan dengan banyak cara, kuncinya adalah bersikap baik. Nah, berikut cara yang bisa membuat orang lain merasa dihargai.

  1. Jadilah Pendengar yang Baik

Ketika sedang berkomunikasi dengan orang lain, baik dalam lingkup pertemanan atau forum diskusi yang lebih luas hargailah pendapat yang lain. Saat orang lain sedang berbicara jadilah pendengar yang baik. Jangan sekali-kali memotong bahkan mencela pendapatnya.

  1. Memberikan Apresiasi

Bentuk apresiasi bukan hanya dengan barang dan bentuk real yang berharga. Dengan memberi ucapan selamat saja kamu telah menghargai orang lain. Ikut senang melihat keberhasilan orang lain adalah hal baik yang seharusnya kamu lakukan.

  1. Bersikap Sopan Santun

Sopan santun merupakan sikap yang terpuji dan wajib diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berlaku untuk semua orang, dari anak kecil hingga lanjut usia. Jadi, usahakan selalu sopan, ramah, dan berperilaku baik kepada siapapun.

  1. Perhatikan Kesukaan Orang Lain

Kamu akan merasa dihargai ketika mendapat perhatian teman, keluarga, atau kerabat bukan? Nah, begitu juga ketika kamu memperhatikan kesukaan orang lain, secara psikologis orang yang kamu perhatikan akan merasa bahagia, dan kamu akan berhasil membuat mereka merasa dihargai. Kalaupun kamu belum berhasil mengetahui bagaimana memperhatikan mereka, setidaknya  jangan membuat orang lain merasa tidak nyaman, bahkan marah dengan perilaku kita yang tidak sopan.

  1. Jaga Ucapan

Ini nih yang sering disepelekan kebanyakan orang. Tanpa sadar seseorang bisa mengucapkan kata-kata yang tidak sepatutnya terucap. Hingga membuat orang lain merasa sakit hati dan terluka. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga ucapan saat bersama orang lain. Jadi, kendalikan setiap kata yang terlontar ya.

  1. Jangan Mencela

Hargai orang lain seperti menghargai diri sendiri. Perlakukan mereka dengan adil dan baik. Caranya jangan pernah mencela orang lain. Kita harus menyadari bahwa semua orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hormatilah pikiran dan pilihan hidup mereka meskipun kadang tidak sesuai dengan pemikiran kita.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghargai orang lain. Semoga bermanfaat dan bisa diterapkan dalam kehidupanmu ya. Salam sukses!

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: