Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Luar Negeri

(Ditulis Oleh : Renata Hezekiel)

Kuliah di luar negeri kini bukan lagi sebuah mimpi di siang bolong. Bukan sekadar angan belaka yang dihembus angin. Semua orang bisa kuliah di luar negeri, baik dengan biaya sendiri maupun beasiswa. Banyak negara seperti Jerman, Inggris, Belanda, bahkan kiblat global Asia yaitu Jepang dan Korea Selatan menawarkan berbagai bentuk beasiswa yang patut untuk dicoba. Kuliah di luar negeri memberikan banyak manfaat yang bisa kamu dapat dan rasakan ketika di masa depan nanti. Tidak hanya karier yang terjamin tapi juga akan memengaruhi personalitas dan lingkungan pergaulanmu. 

Bikin kamu lebih dewasa dan mandiri.

Dengan kuliah di luar negeri, mau nggak mau kamu harus hidup mandiri karena jauh dari orangtua. Perbedaannya jika kuliah di dalam negeri, dari segi sosial, makan, orang-orang dalam lingkungan masih nggak begitu berbeda jauh. Jika di luar negeri semua itu akan berbeda, sehingga secara nggak langsung akan memengaruhi pola pikirmu menjadi dewasa dan mandiri. 

Kemampuan komunikasi dan public speaking kamu akan berkembang. Salah satu keuntungan dengan menuntut ilmu ke luar negeri adalah kemampuan komunikasimu akan berkembang pesat, terutama dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris. Karena kamu terbiasa berbicara menggunakan bahasa asing di keseharian selama berkuliah, kamu akan lebih mudah saat melakukan wawancara pekerjaan atau semacamnya.

Kamu bisa mendapatkan komunitas global. Jika kuliah di luar negeri, pastiin kamu berteman dengan banyak teman yang berasal dari berbagai negara, ya. Ini juga keuntungan sekaligus peluang besar untuk masa depanmu, baik saat kamu mencari pekerjaan atau memperkenalkan usahamu nanti.

Kuliah di luar negeri membuatmu harus belajar banyak budaya baru dan sistem kerja yang berbeda. Dengan sistem pendidikan maupun pergaulan yang sangat jauh berbeda dengan di dalam negeri, maka kamu diharuskan untuk bekerja lebih keras untuk beradaptasi, bergaul, dan mengikuti sistem pendidikan yang ada di negara dimana kamu menuntut ilmu. Kebiasaan baik ini tentunya akan menjadi kebiasaan yang nggak akan hilang sekalipun kamu sudah kembali ke negara asal. 

Prospek pekerjaan di masa mendatang menjadi lebih luas. Tentu saja, membawa predikat sebagai lulusan luar negeri akan membuatmu mendapat nilai plus ketika melamar pekerjaan di dalam negeri. Prospek maupun peluang pekerjaanmu menjadi lebih luas, sehingga kamu bisa lebih leluasa dalam memilih bidang pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu. 

Itu tadi sebagian hal kecil yang bisa kamu dapatkan ketika ingin mengejar mimpi untuk berkuliah di luar negeri. Sebab setiap tahunnya, banyak negara yang menawarkan beasiswa untuk anak muda Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di luar negeri. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *