Belajar dari Sosok Inspiratif Muda, Maudy Ayunda

(Penulis: Renata Hezekiel)

Siapa yang nggak kenal dengan penyanyi cantik satu ini? Pelantun ‘Cinta Datang Terlambat’ ini selalu menarik untuk dibahas. Kemampuan dan talentanya bisa dijadikan panutan dan memberikan motivasi bagi anak-anak muda Indonesia. Maudy Ayunda menempuh pendidikan jenjang S1-nya di Oxford University. Hal ini tentunya bukan hal yang mudah untuk dijalani, ya. Berada jauh dari kedua orang tua, Maudy jadi belajar banyak hal. Ini dia beberapa kebiasaan belajar Maudy Ayunda selama menempuh pendidikan yang bisa kamu coba juga. 

Jadilah pribadi yang fleksibel dan mudah beradaptasi. Bersekolah di luar negeri, membuat kita mau nggak mau harus bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan setempat. Nggak sekadar lingkungan, tapi juga budaya, makanan, cuaca, hingga pergaulan sehari-hari. Selama menempuh pendidikan, cobalah untuk menjadi pribadi yang terbuka dan ramah. Dengan begitu, nantinya kita akan mendapatkan berbagai banyak kemudahan dengan sosialisasi yang positif. 

Rajin-rajinlah ke perpustakaan.  Maudy Ayunda menghabiskan sebagian waktunya di perpustakaan, daripada berdiam diri di kamar kosan. Membaca adalah cara dasar seseorang untuk menjadi pintar dan berwawasan luas. Ada banyak buku-buku yang bisa dijadikan referensi dan ilmu baru. Jika kamu rajin ke perpustakaan, membaca banyak buku, kamu pasti akan merasakan kemudahan dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Sehingga ketika di dalam forum diskusi kamu bisa turut serta berdialog, nggak hanya jadi pengamat saja. 

Ikut kuliah umum. Selain ke perpustakaan, Maudy Ayunda juga cukup rajin mengikuti kuliah umum. Kamu nggak melulu mempelajari jurusanmu saja, tapi kamu juga harus menimba ilmu dari berbagai acara, salah satunya kuliah umum. Maudy biasa mengikuti kuliah umum yang dihadiri perdana menteri atau tokoh internasional sebagai pemateri. Di kuliah umum tersebut merupakan kesempatan baik untuk kamu mengeksplorasi lebih dalam pengetahuanmu dengan turut serta dalam dialog/diskusi, tanya-jawab, dan mengenal lebih banyak teman baru. 

Biasakan diri dengan menulis. Nggak dipungkiri ya jika kita berada di bangku perkuliahan, kita akan sering menemui banyak tugas seperti menulis essay atau karya ilmiah. Nah, hal ini tentunya bukan hal mudah. Mulai sekarang kamu harus membiasakan diri dengan menulis. Sebab kunci utama dari menempuh pendidikan, terutama di luar negeri adalah bisa menulis dengan baik. Kamu pasti akan sering menulis esai atau jurnal, terlebih ketika sudah akan memasuki skripsi. Biasakan dirimu dengan menulis, kamu bisa mulai dengan menulis artikel dengan topik-topik ringan lebih dulu. 

Sempatkan bersenang-senang dengan hobi. Kata siapa belajar di luar negeri, membuat kita harus fokus pada akademis? Nggak ya, Sahabat Minikla. Sekalipun kamu bersekolah di luar negeri, jangan lupa untuk menyisihkan waktumu untuk kesenangan hobi. Maudy Ayunda bahkan bisa menulis sebuah lagu di sela kesibukannya belajar. Kamu bisa mengikuti berbagai macam komunitas yang sesuai dengan hobimu. Jika kamu bisa mengolah hobimu dengan baik, ke depannya ini bisa menjadi nilai plus, lho.

Itu tadi beberapa tips belajar ala Maudy Ayunda. Kamu juga bisa menerapkannya di sehari-hari walau nggak bersekolah di luar negeri. Semangat belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *