Belajar Jadi Penulis yang Bisa Bahasa Inggris

(Penulis : Renata Hezekiel)

Menjadi penulis itu berarti kita harus siap untuk belajar tanpa henti. Dengan menjadi penulis, mau nggak mau kita akan mempelajari banyak hal baik hal-hal baru maupun yang ada di sekitar kita. Salah satunya adalah bahasa. Selain menguasai Bahasa Indonesia dan segala teknik menulisnya, seorang penulis juga diharapkan mampu menguasai bahasa asing, minimal Bahasa Inggris. Belajar Bahasa Inggris nggak ada ruginya, lho. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan belajar bahasa asing, misalnya seperti menambah kosakata atau bahasa baru di dalam tulisan yang kamu buat, atau kamu juga bisa mengembangkan komunitas menulismu nggak hanya di dalam negeri, namun juga hingga ke luar negeri. 

Minikla ada tips nih buat kamu yang mau belajar Bahasa Inggris secara otodidak. Yuk, cek di bawah!

Lewat Subtitle Film dan Mendengarkan Lagu

Kalau kamu suka banget nonton film, nih. Coba deh ubah subtitle yang biasanya Bahasa Indonesia menjadi Bahasa Inggris. Selain kamu jadi bisa mengumpulkan kosakata, kamu juga bisa sambil belajar berbicara dari cara si tokoh berbicara. Bisa juga dengan mendengarkan lagu-lagu dari barat. Kamu tentunya akan tertarik untuk bisa menghapal lirik dan secara otomatis kamu akan mengingat banyak kata-kata baru juga.

Membaca Novel

Ubah kesukaanmu membaca novel. Kalau kamu suka novel-novel terjemahan seperti milik J.K Rowling, Stephenie Meyer, dan lainnya. Nah, mulai sekarang coba deh kamu beli versi asli atau Bahasa Inggrisnya. Biasanya banyak kata-kata keseharian yang mudah dipahami dan dipelajari di dalam novel. Nggak sekadar novel, kamu juga bisa perluas bacaanmu dengan bahan bacaan lain seperti koran internasional atau artikel. 

Use Online Tools

Di era modern seperti saat ini, kamu dimudahkan dengan berbagai perangkat maupun aplikasi. Kamu nggak perlu repot-repot lagi membawa kamus ketika bepergian ke luar negeri atau sekadar belajar. Banyak aplikasi belajar Bahasa Inggris maupun kamus online yang bisa kamu download di Play Store. Bahkan, ada juga aplikasi tes Bahasa Inggris yang bisa membantu untuk mengukur kemampuanmu menguasai Bahasa Inggris. 

Nah, itu tadi beberapa tips yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Yuk, belajar!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *