Bijak Menjadi Seorang Cashless Society

(Ditulis oleh : Renata Hezekiel)

Apa kamu termasuk cashless society?  

Cashless society merupakan sebuah gaya hidup baru dimana kita lebih banyak menggunakan e-money atau e-wallet ketika melakukan transaksi pembelian. Sudah banyak platform uang digital, baik yang disediakan dari bank maupun aplikasi layanan dompet digital seperti, flash milik Bank BCA, DANA, OVO, dan sebagainya. Tentunya, kemudahan ini memiliki banyak manfaat, ya. Kita jadi nggak perlu membawa banyak uang tunai di dalam dompet, jadi lebih praktis. Selain itu, penggunaan dompet digital juga jadi lebih aman dan memberikan kemudahan pada kita biar nggak bolak-balik ke ATM untuk mengambil uang. Nah, buat kamu yang suka mencatat pengeluaran, menggunakan aplikasi dompet digital juga memudahkanmu dalam membatasi pengeluaran. Ada riwayat transaksi yang pastinya bisa kamu cek sesuai dengan kebutuhan. 

Di balik kemudahan, dompet digital juga punya minusnya, lho. Kamu bisa menjadi lebih boros dan kurang memperhatikan pengeluaran. Sayangnya, dompet digital juga terbatas dalam penggunaanya, nggak semua ritel menerima pembayaran secara digital, rawan dengan adanya tindak penipuan, tergantung dengan jaringan internet di ponsel, dan promo yang hanya bisa digunakan di aplikasi tersebut. 

Dibalik kelebihan maupun kekurangan dompet digital, kamu juga harus menggunakan dengan bijak dan pintar agar bisa merasakan manfaatnya. Nih, tips menggunakan dompet digital dengan bijak :

    1. Pilih Aplikasi Dompet Digital Sesuai Kebutuhan

Ada banyak aplikasi dompet digital yang bisa kamu unduh. Sebelum mengunduh, pastikan kamu sudah mempelajari detail deskripsi aplikasi seperti fasilitas dan promo yang ditawarkan. Pilihlah aplikasi yang memang sesuai dengan kebutuhanmu, hal ini supaya kamu bisa memanfaatkan keuntungan maksimal dari penggunaannya.

    1. Batasi Pengisian Saldo

Sekalipun dompet digital ini cukup aman untuk menyimpan kamu dalam wujud cashless, tapi sebaiknya kamu cukup melakukan top up atau pengisian saldo secukupnya saja. Selain untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak diinginkan, ini juga bisa membatasimu ketika berbelanja. Sehingga pengeluaranmu nggak sampai membengkak. 

    1. Manfaatkan Promo 

Salah satu keuntungan menggunakan dompet digital adalah banyak promo yang ditawarkan. Biasanya jika melakukan pembayaran secara cashless, kita bisa mendapatkan harga yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan uang tunai. Tentunya ini bisa menjadi keuntungan tersendiri, bukan?

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu jadikan pedoman jika kamu telah beralih menggunakan dompet digital. Pastikan juga keamanan kode-kode OTP atau password dari orang lain, ya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *