Jadi Remaja Produktif? Siapa takut!

(Ditulis Oleh: Renata Hezekiel)

Masa remaja itu masa yang paling menyenangkan dan nggak terlupakan ya, Dashers. Orang menyebutnya sebagai masa pencarian jati diri. Di masa ini bukan berarti kalian nggak bisa produktif. Nggak selamanya masa remaja itu diisi dengan bermain atau bersenang-senang saja dengan teman-teman. Kamu bisa lho menjadi remaja yang produktif. Tentunya selain bisa membanggakan orangtua dan keluarga, kamu juga jadi lebih mengenal dirimu sendiri. Jadi ketika dewasa nanti kamu bisa menjadi seorang yang sukses karena kebiasaan positif yang sudah kamu lakukan semenjak remaja. Apa aja sih hal-hal yang bisa kamu lakukan di usia remaja ini supaya bisa produktif? 

Temuin Passion Kamu

Minat dan bakat apa yang membuatmu tertarik? Seni? Teknologi? Atau yang berbau ilmiah? Biasanya, kita seringkali ngerasa galau atau dilema ya dengan selera atau pilihan kita. Ada yang bilang karena masih muda jadi pola pikirnya masih labil. Itu nggak sepenuhnya benar ya, Dashers. Sejak remaja, kamu bisa kok meyakinkan diri untuk menggali passion kamu di bidang apa. Kamu bisa mengobrol dengan orangtua atau teman-teman dekat sebagai bahan pertimbangan. Dengan memilih passion yang tepat dan disukai, nantinya kamu akan lebih bersemangat dan mudah menentukan rencana masa depan. 

Jadikan Kegiatan Akademis dan Non Akademis Seimbang

Fokus pada kegiatan akademis, seperti sekolah formal itu penting ya, Dashers. Meski kamu memiliki minat di bidang lain, hal utama yang tetap kamu utamakan adalah dengan tetap rajin belajar selama bersekolah formal. Selain itu, jika kamu memiliki minat di luar bidang akademis, kamu bisa mengikuti kegiatan-kegiatan non akademis yang ada di sekolah, mengikuti ekstrakulikuer, misalnya. Kedua hal tersebut harus berjalan dengan seimbang ya. Jangan sampai kegiatan ekstrakulikuler itu membuat nilai-nilai akademismu jeblok. Hmm, bisa-bisa nanti kena marah mama, ya. 

Say no to Ma-las

Biasanya nih sebagai remaja kita lebih banyak malasnya. Malas belajar gitu. Kalau kamu pengen jadi remaja yang produktif, yuk say no to malas. Rasa malas ini agaknya butuh tekad yang lebih besar untuk melawan. Cara melawan rasa malas adalah dengan jadikan diri kamu lebih berinisiatif. Dengan kamu inisiatif melakukan banyak hal lebih dulu, ini bisa membuatmu jadi nggak malas-malas kleb lagi. Nggak ada salahnya, berinisiatif mengikuti bimbingan belajar di luar jam sekolah, atau membuat kelompok belajar bersama dengan teman-teman. Sikap inisiatif ini nantinya juga akan bermanfaat ketika kamu sudah memasuki dunia kerja. 

Teman yang Tepat dan Me Time

Memilah-milih teman itu bukan berarti sombong. Dengan memiliki lingkaran pertemanan yang tepat, kamu juga akan lebih bersemangat dalam menggali passion yang sudah kamu pilih. Sisihkan waktu juga untuk dirimu sendiri, ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *