Jurus Ampuh Tangkis Stuck Ide Saat Nulis

  • by

(Ditulis oleh : Renata Hezekiel)

Pernah nggak sih kalian mengalami stuck atau buntu dalam mencari ide untuk menulis? Biasanya ini sering terjadi di kalangan penulis pemula, namun penulis yang sudah handal pun kadang kala juga mengalaminya. Mencari ide sebetulnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Nah, kali ini kita akan mengulas beberapa tips yang bisa Sahabat Minikla coba kalau sedang mengalami stuck ide.

Pertama, Rajin Membaca

Hayo, siapa yang jarang membaca? Walau kita belajar untuk bisa menjadi seorang penulis, kita juga harus tetap rajin-rajin membaca, ya. Sebab dengan membaca kita akan menemukan banyak ide cerita, informasi, pengetahuan, bahkan kosakata-kosakata baru.

Kedua, Refreshing!

Kegiatan lain yang bisa kalian lakukan adalah menenangkan pikiran dan refreshing. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan lho, Sahabat Minikla. Mulai dari pergi berjalan-jalan ke tempat wisata yang menarik, menonton film, mendengarkan musik, dan lain sebagainya. Lakukan hal-hal yang Sahabat Minikla suka agar pikiran lebih tenang dan fresh kembali ketika menulis lagi.

Ketiga, Kenangan dan Pengalaman Pribadi

Coba deh Sahabat Minikla mengingat-ingat kenangan di masa lalu yang pernah dialami. Ini juga bisa jadi cara jitu lho untuk memunculkan ide. Walau mungkin idenya sudah mainstream tapi jika ditulis dari sudut pandang kalian, akan membentuk sebuah cerita yang berbeda dan pastinya orisinil.

Keempat, Internet Surfing

Cara ampuh lainnya yaitu internet surfing alias menyelami berbagai situs website maupun media sosial. Dari kegiatan ini, Sahabat Minikla bisa berburu hal-hal yang sedang menjadi trending topic dan hangat dibicarakan.

Kelima, Menulis dan Menulis

Terakhir nih, yang harus kalian lakukan adalah dengan sering-sering menulis. Tuangkan apa saja yang kalian pikiran maupun imajinasikan ke dalam tulisan, meski hanya satu atau dua paragraf.

Itu tadi beberapa tips mencari ide ala Minikla yang bisa kalian coba ketika buntu menulis di tengah jalan. Yuk, segera selesaikan tulisanmu. Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *