Mengenal Fakta Menarik Tiga Negara Sahabat

(Penulis : Rain Lee)

Halo, Sahabat Miniklo … dalam hidup tentunya kita punya sahabat dekat, dan biasanya sahabat dekat adalah orang pertama yang akan membantu kita dalam kesulitan, dan juga menjadi tempat untuk kita bertukar informasi maupun sharing ilmu ya?

Begitu juga dengan negara kita tercinta, Indonesia mempunyai negara sahabat yang letaknya juga tidak jauh secara geografis. Bahkan kultur dan budayanya juga tidak jauh berbeda, kali ini Miniklo akan mengajak kalian untuk mengenal 3 negara sahabat. Yuk, kencangkan sabuk pengaman karena kita akan meluncurrrr ….

  1. Malaysia

Negera tetangga yang mendapat julukan Negeri Jiran ini mempunyai  banyak sekali fakta menarik, lho. Berbeda dengan Indonesia yang menggunakan sistem pemerintahan presidensial, Malaysia menggunakan sistem pemerintahan monarki dan pemerintahnya dipimpin oleh Perdana Menteri.

Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Melayu yang secara makna dan pelafalan sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan bahasa kita tercinta, selain itu kebanyakan penduduk Malaysia juga jago bahasa Inggris. 

Kepala Negara di Malaysia bukanlah seorang presiden nih temen-temen, melainkan  seorang raja atau yang umum disebut Yang Di-Pertuan Agong, Malaysia juga menjadi negara yang memiliki kesultanan tertua di dunia; Kesultanan Kedah yang berdiri sejak 1136, di mana kesultanan tersebut awalnya berkaitan dengan dinasti Hindu namun berubah menjadi kesultanan Islam dan cukup berpengaruh pada penduduk Malaysia yang mayoritas memeluk agama Islam.

Berbicara soal warisan dunia, Malaysia memiliki Taman Nasional Kinabalu yang terletak di Gunung Kinabalu dan menjadi gunung tertinggi di Malaysia. Selain itu Malaysia punya segudang kuliner andalan yang sayang banget untuk dilewatkan, seperti nasi lemak, sambal sotong, nasi kandar, dan banyak lagi.

Berbicara soal Malaysia tentunya kamu sudah tidak asing dengan Menara Petronas yang menjadi salah satu ikon wisata di sana ya? Menara kembar tersebut pernah menjadi yang tertinggi di dunia dari tahun 1998 sampai 2004 lho, kemudian setelah itu dikalahkan oleh Taipei 101.

  1. Singapura

Berbicara dengan negara yang satu ini pasti yang muncul di pikiran kita adalah negara maju, modern, kecil, dan punya ikon Singa. Meski begitu Singapura mempunyai banyak sekali fakta menarik yang bisa bikin ber’wow’ria. Salah satu yang mungkin sudah terkenal di kalangan para turis adalah, Singapura melarang penduduk maupun turis untuk mengunyah permen karet. Hal itu berkenaan dengan peraturan kebersihan di Singapura yang sangat ketat.

Fakta lain yang tidak kalah menarik adalah Singapura mewajibkan warganya yang sudah berusia di atas 30 untuk segera menikah, bahkan pemerintah Singapura ikut andil dalam mencarikan jodoh warganya sampai mereka bekerjasama dengan agen biro jodoh Social Development Unit (SDU).

Jika kamu mencari bangunan tinggi di Singapura, dijamin kamu tidak akan menemukannya karena pemerintah memberlakukan aturan tidak boleh adanya bangunan yang tingginya lebih dari 280 meter, sejauh ini di sana hanya ada beberapa gedung yang tingginya menyentuh 280 meter: Republic Plaza, United Overseas Bank Plaza One, dan Overseas Union Bank Centre.

Meskipun negaranya tergolong kecil namun Singapura punya banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, mereka memiliki air terjun indoor tertinggi di dunia, kebun binatang pertama yang buka pada malam hari, selain itu Singapura juga terkenal memiliki bandara terbaik di dunia.

  1. Thailand

Nah, yang menjadi akhir perjalanan membaca kali ini adalah Negeri Gajah Putih. Yup, Thailand … apakah kalian tahu arti dari nama negara tersebut? Prathet Thai dalam bahasa Thailand artinya adalah ‘Tanah Bebas’. Tentu saja mereka layak mendapatkan nama tersebut karena Thailand adalah negara yang tidak pernah disentuh oleh para penjajah. 

Thailand sama seperti Indonesia yang memiliki banyak pulau-pulau indah, selain itu mereka juga punya satwa-satwa yang menarik; Kelelawar Bumblebee adalah salah satu mamalia terkecil yang ada di sana.

Thailand benar-benar tanah suci dimana terdapat Phra Phuttha Maha Suwana Patimakon, yaitu patung emas Budha terbesar dengan berat 5.5 ton dan terletak di kuil Wat Traimit. Selain itu, Thailand juga memiliki Gedung pencakar langit tertinggi bernama Mahanakhon dengan tinggi 314 meter (77 lantai).

Jika kamu penduduk Thailand, maka kamu setidaknya pernah menjadi biksu Budha meski dalam waktu singkat sebelum kamu ulang tahun ke 20. Karena kesan suci yang begitu kental, maka kamu tidak diperkenankan meninggalkan sisa nasi di piring, dan menginjak beras di Thailand adalah sebuah dosa besar!

Kebudayaan di Thailand juga masih terjaga dengan sangat baik lho, banyak kuil-kuil di sana dan jika kamu ingin berkunjung, maka kamu tidak diperkenankan memakai celana pendek atau baju tanpa lengan. Soal pakaian juga Thailand punya aturan yang unik, bahwa kamu wajib memakai pakaian dalam saat keluar rumah.

Nah, demikian perjalanan kita kali ini. Kamu sudah mendarat, sampai jumpa di perjalanan membaca selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *