Tips Anti TongPes di Akhir Bulan

(Ditulis oleh : Renata Hezekiel) Akhir bulan bikin pusing kepala lantaran budget keuangan nggak mencukupi sampai tanggal gajian? Nggak dipungkiri di era sekarang ini, banyak banget lifestyle yang membuat setiap orang mau nggak mau terbawa arus. Gaya hidup seperti nongkrong di cafe, makan di restaurant, atau pakaian-pakaian dengan brand ternama, tentunya akan mempengaruhi pengeluaran kita sehari-hari. Pengaturan budget keuangan itu menjadi penting sekali pun nggak semua orang bisa konsisten melakukannya. 

Mengatur keuangan nggak sebatas bisa menabung saja, tapi juga bagaimana kita bisa berinvestasi untuk masa depan dan menyisakan uang darurat di setiap bulannya. Yuk, lakukan empat hal ini supaya keuangan kita bisa stabil setiap bulannya. 

Membuat Skala Prioritas

Nggak ada salahnya di awal bulan kamu membuat skala prioritas. Hal utama yang seringkali membuat kita tersendat adalah memiliki cicilan atau utang. Usahakan sebisa mungkin untuk nggak berhutang atau kalaupun harus banget berhutang pastikan nominal cicilannya masih sesuai dengan budget kamu ya.

Catat pengeluaran rutin kamu, dan mulailah kategorikan mana yang perlu kamu beli secepatnya dan mana yang bisa ditunda terlebih dahulu.

Berhemat dalam Membeli Makanan atau Jajan

Seperti yang udah diulas di awal tadi, kalau gaya hidup makan di luar itu udah jadi suatu kebiasaan yang sulit untuk dihindari. Tapi kalau kamu mau bertekad untuk berhemat, bisa kok dilakuin. Kamu bisa membawa bekal makan siang dan hindari jajan yang berlebihan.

Tidak ada salahnya juga kalau kamu me-review kembali pengeluaranmu khusus untuk jajan, jika jumlah totalnya sudah sangat besar artinya kamu harus memperbaiki kebiasaan tersebut.

Rencanakan Belanja

Hal yang paling bikin sulit menahan rasa kalap adalah ketika berbelanja. Pastikan kamu membuat anggaran lebih dulu, pilih mana yang harus dibeli dan menjadi kebutuhan. Jangan sampai kamu tergiur diskon dan memaksakan membeli, sementara budget kamu nggak cukup. 

Saat pergi ke pusat perbelanjaan, cobalah membuat catatan dan langsung pergi ke bagian rak yang memang menyediakan kebutuhan kita dalam catatan saja. Jika sudah selesai, segera bawa ke kasir dan hindari berkeliling!

Uang Saku Harian

Walau pemasukan dari jerih payah kerjamu sendiri, nggak ada salahnya lho memberi uang saku untuk diri sendiri. Sediakan uang pas di dompet untuk setiap hari. Dengan begini kamu bisa menahan hasrat untuk membeli sesuatu yang nggak begitu kamu butuhkan. Selain itu kamu juga akan tahu pengeluaranmu setiap hari berapa saja. 

Simpan dana kamu di rekening bank yang mesin ATMnya sulit dijangkau, namun tetap perhatikan administrasi bulanan bank tersebut. Sekarang banyak kok bank yang menyediakan rekening dengan administrasi nol rupiah.

Demikian beberapa tips yang bisa kamu coba supaya budget kamu bisa sampai akhir bulan, bahkan bisa membuatmu untuk mulai menabung, ya. Kuncinya adalah kita harus lebih ketat dan disiplin lagi dalam mengatur keuangan, selamat mencobaaa ….

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *